Deretan Menu Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki Cita Rasa Lezat

Deretan Menu Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki Cita Rasa Lezat
Loktek | Foto : KabarAsik

KabarAsik - Selain beragam panorama alam, destinasi wisata terkenal, serta keragaman nilai, tradisi, dan budaya, makanan khas Jawa Barat juga sayang untuk dilewatkan. Mengapa? Yap, karena ada berbagai makanan khas Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia karena kelezatannya.

Pada artikel kali ini Anda bisa melihat beragam menu Makanan Khas Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia, beserta makanan ringan dan minuman segar yang nikmatnya luar biasa.

Menu Makanan Khas Jawa Barat Yang Lezat


Berikut ini daftar makanan khas Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia karena kelezatannya.

Nasi Timbel


Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari nasi bagolo atau nasi merah campur. Bahan ini dimasak dengan cara dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Nasi timbel biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti ayam goreng, ikan asin, tempe, tahu, lalapan, dan sambal.

Karedok


Makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah karedok. Hidangan ini diolah menggunakan sayuran mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Karedok juga mempunyai cita rasa yang unik yaitu perpaduan sayur mentah, lengkuas, dan sambal kacang yang sangat nikmat.

Karedok menggunakan sayuran seperti mentimun, tauge, kubis, kacang panjang, ubi, buncis dan terong hijau kecil. Karedok juga bisa ditambah dengan beberapa jenis sayur lainnya sesuai selera pembuatnya.

Lotek


Makanan khas Jawa Barat selanjutnya disebut lotek, yaitu sajian sayur rebus dan sambal kacang. Lotek juga menggunakan bumbu seperti bawang putih dan terasi, kemudian sayuran rebusnya dihaluskan dengan saus kacang. Lotek biasanya juga disajikan dengan bala-bala sebagai pelengkapnya.

Mi Kocok


Mie kocok merupakan makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemukan di ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung. Mie kocok ini merupakan makanan dengan pengolahan yang unik. Mie ini dimasak dengan cara dikocok dalam wadah sambil dicelupkan ke dalam kuahnya.

Mie kocok terbuat dari mie kuning, tauge, bakso, kikil, dan ditaburi kuah kaldu sapi. Mie kocok disajikan dengan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Anda bisa menyantap mie kocok dengan tekstur mie yang lembut dan rasa yang menggugah selera.

Tutug Oncom


Tutug oncom, makanan khas Jawa Barat yang berasal dari daerah Tasikmalaya, bentuknya sederhana seperti nasi yang dimasak dengan oncom. Oncom merupakan salah satu makanan fermentasi yang terbuat dari kacang kedelai.

Oncomnya diolah dengan nasi giling, sehingga nasinya lebih kecil dan empuk. Rasanya yang lezat biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, tempe, tahu, dan sambal.

Gepuk Daging


Makanan khas Jawa Barat selanjutnya yaitu gepuk daging sapi. Seperti namanya, gepuk daging sapi tentunya merupakan proses memasak daging sapi yang telah diiris tipis-tipis lalu ditumbuk atau dikocok. Setelah rata, daging sapi dibumbui dan direndam dengan bumbu hingga meresap sempurna. Setelah direndam, biasanya dagingnya digoreng hingga kering atau bisa langsung dimakan. Makanan ini rasanya manis dan gurih.

Bakakak Hayam


Makanan khas Jawa Barat berikutnya berasal dari daerah pesisir selatan Jawa Barat yang bernama bakakak hayam. Makanan ini biasanya disajikan untuk berbagai acara seperti pernikahan, khitanan, atau upacara adat lainnya.

Bakakak hayam menggunakan bahan utama ayam dengan bumbu khas Sunda. Ayam ini tidak digoreng, melainkan dibakar. Bakakak hayam dilengkapi dengan dua pilihan sambal yaitu sambal merah dan hijau.

Batagor


Batagor adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia. Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Batagor terbuat dari tepung tapioka dan digoreng bulat seperti bakso. Ini adalah makanan khas Bandung yang biasanya dipotong kecil-kecil lalu ditaburi saus kacang dan kecap manis.

Sate Maranggi


Makanan khas Jawa Barat yang satu ini bernama sate maranggi. Bedanya, sate maranggi asal Purwakarta biasanya disajikan dengan kecap asin dan juga saos tomat serta acar. Sedangkan sate maranggi Cianjur biasanya disajikan dengan sambal oncom dan ketan bakar atau nasi timbel.

Asinan Bogor


Asinan Bogor, makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Kota Bogor yang berisi asinan buah dan sayur serta ditaburi kuah yang dibumbui dengan cabai merah cincang. Rasa sambal Asinan Bogor biasanya gurih, manis dan memiliki sensasi pedas, serta disajikan dengan kerupuk.

Serabi


Makanan khas Jawa Barat berikutnya adalah serabi, yaitu kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa lalu dimasak di atas kompor. Di Bandung, serabi biasanya disajikan dengan kuah oncom atau kuah gula merah.

Dodol Garut


Makanan khas Jawa Barat berikutnya adalah dodol garut, jajanan tradisional khas Garut yang terbuat dari tepung ketang, santan, dan gula jawa. Beberapa varian rasa dodol garut antara lain coklat, strawberry, durian, dan lain-lain. Perbedaan dodol garut dengan jenang asal Jawa Tengah adalah teksturnya yang lebih halus dan lembut.

Peuyeum


Peuyeum merupakan makanan khas Jawa Barat yang bentuk, bahan dan rasanya hampir sama dengan tape. Bahan utamanya adalah singkong yang difermentasi. Peyeum disajikan dalam bentuk singkong utuh. Selama proses fermentasi, peuyeum masih setengah matang sehingga teksturnya lebih keras dibandingkan tape.

Seblak


Makanan khas Jawa Barat selanjutnya yang berasal dari Bandung yaitu seblak. Makanan ini tak kalah populer dengan makanan khas Jawa Barat lainnya. Seblak terbuat dari campuran bumbu cikur atau kencur yang dicampur dengan berbagai isian seperti kerupuk basah, mie instan, bakso, otak-otak, sayur mayur, dan lain-lain.

Seblak berasal dari bahasa Sunda yang artinya berbau menyengat. Seblak biasanya disajikan dengan rasa gurih dengan kuah yang pedas. Seblak sendiri dimaksudkan sebagai campuran bumbu inti berbahan dasar lengkuas dan cabai yang ditumis sambil dibuat.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Deretan Menu Makanan Khas Jawa Barat Yang Memiliki Cita Rasa Lezat. Semoga bermanfaat.