Apa Saja Makanan Khas Madura Yang Populer Saat Ini? Berikut Daftar Menunya

Apa Saja Makanan Khas Madura Yang Populer Saat Ini? Berikut Daftar Menunya
Sate Madura | Foto : KabarAsik

KabarAsik - Hampir setiap kota di Indonesia menyajikan makanan khas Madura, hal ini dikarenakan Pulau Garam memiliki banyak kuliner lezat yang siap membuat Anda ketagihan. Setiap kuliner khas Madura selalu memiliki kenangan tersendiri di setiap gigitannya. Salah satu kuliner Madura yang populer adalah soto dan sate. 

Tak hanya rasanya yang menggugah selera, makanan ini juga mudah didapat. Selain soto dan sate Madura, ternyata masih banyak Makanan Khas Madura lainnya yang enak dan bikin ketagihan! Penasaran? Yuk, simak artikel di bawah ini.

Daftar Menu Makanan Khas Madura


Topak Ladeh


Makanan khas Madura yang tidak boleh dilewatkan adalah Topak Ladeh. Masakan ini hampir mirip dengan opor ayam, namun yang membedakannya adalah Topak Ladehnya yang pedas dan kuahnya yang berwarna merah kental. Isian kuliner khas Madura ini menggunakan daging sapi dan lontong.

Rasanya yang kuat dan nikmat menjadikan kuliner Topak Ladeh tersedia di setiap warung di Madura. Jangan lupa tambahkan kerupuk sebagai lauk Topak Ladeh agar cita rasanya semakin berwarna di setiap gigitan.

Kaldu Kokot


Kuah kokot merupakan masakan khas Madura yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan kaldu sumsum atau kikil, daging dan tulang. Aroma gurih khas Kuah Kokot ini pasti akan Anda ingat setelah hanya memakannya sekali saja.

Kuahnya yang berlemak, kental, ditambah dagingnya yang empuk akan menggoda Anda sejak gigitan pertama. Apalagi disantap dengan nasi hangat? Membuat Anda ingin menambahkan porsi kedua.

Bebek Songkem


Jika dilihat sepintas, sepertinya Bebek Songkem sudah melalui proses penyedap sebelum dihidangkan. Bebek Songkem khas Madura ini dimasak dengan menggunakan bumbu khusus dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

Aromanya yang khas dan dagingnya yang empuk membuat Songkem Bebek selalu diminati di hati setiap pecinta bebek. Apalagi di Madura dimakan langsung dengan seporsi nasi hangat dan es teh manis? Jika Anda memakannya maka akan ketagihan.

Bebek Sinjay


Anda pecinta olahan bebek? Hidangan ini patut menjadi referensi ketika berada di Madura. Banyak wisatawan yang rela mengantri untuk mencicipi makanan khas Madura Bebek Sinjay. Tekstur daging bebek yang lembut dan diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu menjadikan Bebek Sinjay memiliki cita rasa yang khas dan sangat nikmat.

Nasi Serpang


Buat Anda penggemar nasi campur, wajib banget cobain makanan khas Madura yaitu Nasi Serpang. Nasi ini berisi suwiran daging sapi dan ayam, ditambah potongan telur, tumis kacang ijo, sambal kentang goreng, krecek, tumis tahu, tempe goreng, dan bihun.

Dari seporsi makanan ini Anda akan merasakan perpaduan rasa yang tentunya variatif dan mengenyangkan. Tak hanya itu, harganya yang pasti murah membuat Anda tidak ragu untuk membeli makanan dua porsi atau porsi berikutnya.

Nasi Jagung


Apakah Anda lapar saat berlibur di Madura? Nasi Jagung adalah jawabannya. Cara pengolahannya juga cukup sederhana. Bahan utamanya adalah nasi dan jagung, kedua bahan tersebut dimasak hingga empuk.

Kemudian kuliner khas Madura disajikan dengan lauk pauk dan lalapan seperti urap, pepes ayam, teri dan lalapan. Aneka isian ini tentunya memberikan rasa yang beragam, seperti pedas, manis, asin, dan asam yang pasti ingin Anda santap lagi dan lagi.

Nasi Setan Madura


Sesuai dengan namanya, Nasi Setan Madura punya rasa pedas yang dijamin lidahmu bakalan gosong. Isian makanan khas Madura ini juga cukup lengkap yaitu nasi putih, siomay daging sapi, perkedel jagung, tumis tempe, ikan pindang tuna, tumis kentang dan sambal khas Madura yang menjadi penambah pedasnya masakan tersebut.

Sajian ini semakin terasa nikmat jika disantap bersama keluarga ditemani es teh manis. Bagi Anda penyuka makanan pedas pasti ingin berulang kali menyantap kuliner khas Madura ini.

Sate Laler Pamekasan


Apakah kamu pecinta soto? Jika anda berkunjung ke Madura, jangan heran jika makanan ini hampir terdapat di setiap warung dan restoran disana, Soto Mata Sapi namanya. Masakan soto ini bukanlah kuah dengan campuran telur mata sapi, melainkan menggunakan mata sapi asli sebagai ciri khasnya.

Mata sapi yang masih berbalut tulang ini disajikan dengan bumbu spesial sehingga rasa gurih, segar berpadu dengan lembutnya mata sapi akan membuat Anda menginginkan porsi yang lebih. Apalagi dimakan selagi masih hangat? Rasanya lezat dan Anda tidak ingin berhenti mengunyahnya.

Soto Mata Sapi


Apakah Anda pecinta soto? Jika anda berkunjung ke Madura, jangan heran jika makanan ini hampir terdapat di setiap warung dan restoran disana, Soto Mata Sapi namanya. Masakan soto ini bukanlah kuah dengan campuran telur mata sapi, melainkan menggunakan mata sapi asli sebagai ciri khasnya.

Mata sapi yang masih berbalut tulang ini disajikan dengan bumbu spesial sehingga rasa gurih, segar berpadu dengan lembutnya mata sapi akan membuat Anda menginginkan porsi yang lebih.

Nasi Petis


Jangan tertipu dengan namanya. Nasi Petis merupakan nasi yang memiliki banyak variasi lauk pauk lalu ditaburi kuah santan. Dalam sajian kuliner khas Madura ini, Anda akan mendapatkan irisan telur rebus, jeroan sapi, dendeng, limpa, dan hati sapi.

Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat Anda tergoda untuk mencicipinya lagi dan lagi. Apalagi bagi Anda yang menyukai berbagai macam olahan jeroan? Ini akan langsung ada di daftar makanan favorit Anda ketika Anda datang dan mencobanya.

Tajin Sobih


Jika Anda tahu tentang bubur sumsum, maka Tajin Sobih adalah kembarannya. Namun tentu saja ada beberapa perbedaan pada makanan khas Madura ini. Kemudian kuliner Madura ini disajikan di atas daun pisang. Rasanya yang khas berpadu dengan rasa manis dan kenyal membuatnya cocok disantap sebagai menu sarapan pagi saat berada di Madura.

Demikian ulasan artikel tentang Apa Saja Makanan Khas Madura Yang Populer Saat Ini? Berikut Daftar Menunya. Semoga bermanfaat.