Mengenal Wifi: Pengertian, Manfaat, Beberapa Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Mengenal Wifi: Pengertian, Manfaat, Beberapa Fungsi, Dan Cara Kerjanya
Wifi | Foto : Pixabay

KabarAsik - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu Wifi. Seperti diketahui, wifi sepertinya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan koneksi internet untuk bekerja. Banyak orang membutuhkan WiFi untuk mendapatkan akses internet yang lancar dan unlimited.

Perlu diketahui, Wifi merupakan singkatan dari “Wireless Fidelity” yang mengacu pada serangkaian standar komunikasi nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik ke jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. Teknologi Wifi memungkinkan perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya terhubung ke internet dan berkomunikasi satu sama lain melalui gelombang radio.

Pengertian Wifi


Pengertian wifi secara umum adalah suatu teknologi yang digunakan untuk bertukar data dengan menggunakan gelombang radio (nirkabel) dan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Wifi menggunakan gelombang radio pada spektrum frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz untuk mengirimkan data. 

Saat perangkat wifi terhubung ke jaringan wifi, perangkat tersebut mengirim dan menerima data melalui sinyal radio. Router wifi bertindak sebagai titik akses yang mengirimkan sinyal wifi, dan perangkat berkemampuan wifi dapat mendeteksi dan terhubung ke jaringan.

Manfaat Wifi


Berikut ini adalah beberapa manfaat wifi secara umum, antara lain:

Untuk Berbagi File Dan Folder


Dengan memanfaatkan jaringan WiFi, perangkat yang terhubung dapat dengan mudah bertukar data dan file dengan aman.

Untuk Terhubung Ke Internet


Dengan menggunakan WiFi, Anda bisa berbagi akses internet dengan lebih mudah dan praktis. Jadi untuk bisa terhubung ke internet, setiap pengguna cukup menyalakan perangkat WiFi yang sudah tersedia di perangkat.

Sinkronisasi Handphone Tanpa USB


Dengan menggunakan WiFi, Anda dapat menghubungkan ponsel ke laptop dengan lebih mudah tanpa menggunakan USB atau kabel. Anda hanya perlu mengaktifkan wireless pada perangkat ponsel Anda.

Transfer Video Dan Foto Dari Kamera Digital


Dengan menggunakan jaringan WiFi, setelah mengambil video atau gambar, Anda bisa langsung mengirimkan hasilnya ke laptop Anda selama masih terhubung dengan WiFi.

Mencetak Pada Printer


Dengan menggunakan jaringan WiFi, Anda juga bisa mencetak data dengan lebih mudah dari laptop ke printer yang sudah memiliki jaringan WiFi. Jadi Anda tidak perlu repot mencolokkan USB dari printer hanya untuk mencetak dokumen.

Hemat Biaya


Menggunakan wifi dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli banyak kabel. Hal inilah yang digunakan oleh beberapa perusahaan dan orang-orang yang mempunyai uang lebih untuk membangun wifi. Khususnya bagi pengguna laptop dan smartphone serta para pekerja pengguna internet yang banyak menggunakan WiFi untuk berbagai keperluan. Karena jika menggunakan data seluler tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Produktifitas


Bagi sebagian orang yang bekerja dengan mengandalkan jaringan internet, dengan memasang WiFi maka aktivitas produktivitas kerja akan dapat berjalan dengan baik. Karena akses internet jauh lebih mudah.

Mobilitas


Wifi mempunyai mobilitas yang sangat tinggi, karena saat ini wifi banyak terdapat di tempat-tempat umum. Mulai dari taman, cafe, restoran, supermarket, hotel dan lain-lain. Dengan menggunakan akses internet yang mudah tanpa menggunakan kabel, pekerjaan akan jauh lebih praktis.

Fungsi Wifi


Berikut beberapa fungsi WiFi yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Media Komunikasi Wireless


Yang pertama adalah WiFi berfungsi sebagai media komunikasi antar perangkat tanpa menggunakan kabel atau nirkabel. Kita juga bisa menganggap WiFi ini sebagai pengganti jaringan kabel. Dimana jaringan WiFi biasanya dirancang untuk jaringan kantor atau tempat kerja agar lebih sederhana dan praktis. Pasalnya setiap pengguna tidak perlu lagi menggunakan kabel sebagai media transmisi.

Modem Dari Smartphone


Dengan menggunakan WiFi ini, smartphone atau perangkat lainnya dapat dengan mudah terhubung ke internet sehingga pengguna tidak perlu lagi menyalakan paket data berbayar. Tidak hanya itu, meskipun smartphone Anda juga mendukung perangkat nirkabel, Anda juga dapat menggunakan smartphone Anda sebagai modem.

Hal ini tentunya akan sangat berguna, apalagi jika Anda bepergian ke tempat yang tidak memiliki wifi. Jika Anda memiliki paket data yang cukup besar, maka ketika Anda ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Anda bisa menggunakan smartphone Anda sebagai modem yang menggunakan sinyal WiFi untuk terhubung ke laptop.

Kecepatan Internet Lebih Cepat


Berbeda jika Anda mengakses internet melalui jaringan seluler yang seringkali lambat tergantung sinyalnya. Secara umum kecepatan akses internet menggunakan WiFi akan lebih terjamin. Salah satu indikasinya adalah Anda bisa streaming video dengan lancar tanpa gangguan, mendownload dokumen berukuran besar dengan cepat, akses yang tidak memerlukan waktu loading.

Berbagi Data Antar Perangkat


Misalnya Anda mempunyai dua perangkat elektronik, lalu Anda ingin mentransfer data ke salah satu perangkat lainnya. Dengan menggunakan wifi ini Anda tidak memerlukan kabel lagi. Sehingga pekerjaan akan lebih praktis dan efisien.

Menghubungkan Perangkat Ke Jaringan


Berbeda halnya dengan jaringan kabel LAN yang penggunanya terbatas, WiFi ini bisa digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan cara ini, WiFi akan memudahkan banyak pengguna untuk terhubung ke suatu jaringan secara bersamaan.

Cara Kerja Wifi


Secara sederhana, wifi bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Kemudian membagikan data yang dikirim atau diminta oleh pengguna yang terbang di udara menggunakan gelombang radio. Untuk dapat menerjemahkan data dan dokumen yang dikirim melalui gelombang radio, komputer harus memiliki adaptor nirkabel agar dapat terhubung ke WiFi.

Gelombang radio ini berbentuk sinyal yang kemudian dikirimkan ke router yang fungsinya sebagai decoder (penerjemah kode). Setelah berhasil diterjemahkan, data tersebut kemudian dikirim ke jaringan internet menggunakan koneksi ethernet.

Jaringan WiFi ini bekerja dua arah, setiap data diterima melalui internet juga sekaligus melalui router yang kemudian dijadikan kode untuk setiap paket data. Kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang telah diterima oleh adaptor pada komputer nirkabel.

Demikian ulasan tentang Mengenal Wifi: Pengertian, Manfaat, Beberapa Fungsi, Dan Cara Kerjanya. Semoga bermanfaat.