Bagaimana Tips Menjual HP Bekas Dengan Harga Mahal? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bagaimana Tips Menjual HP Bekas Dengan Harga Mahal? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Owner Media Beli Hp | Foto : KabarAsik

KabarAsik - Tidak ada salahnya mengetahui tips menjual HP bekas dengan harga mahal. Apalagi beberapa orang kerap menjual ponselnya, jika merasa bosan atau ingin mengupgrade ke tipe terbaru. 

Namun karena bekas, terkadang mereka harus rela menjualnya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan saat pertama kali membelinya. Padahal hp bekas juga bisa dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun mungkin masih banyak orang yang belum memahami Tips Menjual HP Bekas dengan harga mahal.

Tips Menjual HP Bekas Dengan Harga Tinggi


Jangan Buang Struk Pembelian


Saat pertama kali mendapatkan ponsel baru, sebaiknya jangan membuang struk pembeliannya. Resi pembelian dari beberapa penjual biasanya dijadikan sebagai syarat klaim garansi. Nah, calon pembeli hp bekas biasanya akan memberikan respon yang positif apabila masih ada jaminannya.

Pastikan Anda menyimpan struk pembelian dalam kondisi baik dan mudah ditemukan, seperti di dalam kotak ponsel. Ponsel yang masih bergaransi tentu memiliki harga yang lebih baik.

Jangan Mengutak-Atik Handphone


Sebaiknya jangan main-main dengan handphone Anda jika berencana menjualnya di kemudian hari. Mengutak-atik ponsel biasanya tidak hanya soal sistem operasi (OS) dan softwarenya saja, tapi juga hardwarenya. Hal ini dapat mengakibatkan garansi menjadi batal.

Gunakan hp anda dalam batas normal seperti tidak melakukan root atau custom rom. Jika sudah terlanjur terjadi, jangan lupa kembalikan ponsel ke pengaturan normal dan lakukan backup data terlebih dahulu.

Bersihkan Seluruh Bodi Dan Layar


Bagi Anda yang suka berganti-ganti HP hanya dalam hitungan bulan, tentunya harus merawatnya dengan baik. Segera gunakan case dan layar anti gores saat membeli. Bila ingin dijual, buka casing anti gores dan bersihkan seluruh bodi.

Hasilnya ponsel tampak mengkilat dan minim goresan. Tentunya penampilan akan menentukan nilai jual dari ponsel tersebut, karena yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli adalah kondisi mulus dari ponsel itu sendiri.

Pastikan Semua Kelengkapan Bawaan


Handphone yang dijual tanpa box dan aksesoris, maka harga jualnya akan turun. Jadi pastikan Anda mengecek kembali kelengkapan aksesoris, charger dan kawan-kawan. Jadi anda bisa menjual hp anda dalam kondisi lengkap seperti saat anda membelinya.

Jika sudah lengkap, harga jualnya pasti tidak akan mengecewakan Anda. Jika kurang lengkap, menyiasatinya dengan membeli peralatan yang hilang atau rusak tersebut dengan yang baru.

Jangan Lupa Untuk Membersihkan Semua Data


Sebelum menjualnya, pastikan ponsel kamu sudah di factory reset. Pastikan tidak ada data yang tersisa, termasuk mengeluarkan kartu micro SD dan kartu SIM. Karena keduanya sudah menjadi identitas pengguna. Demi menjaga privasi maka jangan kita berikan ponsel kita kepada siapapun.

Susun Dengan Rapi


Selanjutnya simpan dan kemas semua perlengkapan ponsel anda dengan rapi, jika memungkinkan tatalah agar terlihat seperti baru. Ini salah satu tips menjual HP bekas dengan harga mahal yang sangat bermanfaat agar HP bisa dijual dengan harga yang wajar.

Paradigma seseorang dalam menentukan harga suatu barang adalah penampakan awalnya. Jika Anda tidak tertarik saat pertama kali melihatnya, maka harganya akan jauh dari ekspektasi awal Anda.

Dimulai Dari Orang-Orang Terdekat


Jika handphone Anda masih dalam kondisi yang sangat bagus dan terlihat seperti masih baru, sebaiknya Anda menjualnya kepada teman, tetangga, atau saudara. Biasanya harga jualnya bisa lebih tinggi, apalagi jika dijanjikan bisa dicicil. Tentu saja Anda tidak akan mempermasalahkan harga lagi, pastikan orang tersebut benar-benar dekat dengan Anda.

Jual Online Atau Ke Toko Konter


Anda pasti tahu betapa sadisnya tawaran tersebut jika Anda menjual ponsel di konter. Wajar saja jika kita mengingat alasan menjual handphone dan membelinya kembali. Seiring berjalannya waktu tentu saja harga ponsel pun semakin menurun. Jual saja langsung ke pembeli langsung, lewat bukalapak. Jika barang anda bagus, tentu harganya juga akan bagus.

Buat Deskripsi Dan Foto Yang Menarik


Jika Anda sudah memutuskan untuk berjualan online, buatlah penjelasan detail mengenai kondisi ponsel tersebut. Jangan melebih-lebihkan atau berbohong, tulis saja apa adanya. Lengkapi dengan foto-foto menarik dari ponsel, hadirnya foto menambah minat calon pembeli.

Tetapkan Harga Yang Wajar


Sebagai penjual tentunya kita ingin mendapatkan harga yang wajar atas ponsel yang ingin kita jual. Meski begitu, Anda juga harus mengetahui diri sendiri saat memberikan harga. Jangan bandingkan dengan saat kita membeli baru atau malah untung lebih tinggi, hal seperti ini membuat calon pembeli hp bekas malah enggan untuk membaca apalagi menawar. Cek harga pasar dan berikan harga yang adil dan menarik agar cepat terjual.

Berikan Pilihan Sistem Pembayaran


Umumnya ada 3 pilihan sistem pembayaran yang bisa Anda pilih, yaitu COD (cash on delivery), melalui sistem pembayaran e-commerce dan toko ponsel bekas online, atau transfer langsung. Ketiganya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara ringkas COD adalah proses bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan penjualan atau pembelian secara langsung dengan membuat kesepakatan lokasi yang disepakati.

Jadi pastikan Anda mencantumkan lokasi COD dan waktu yang ditentukan. Pilihlah lokasi COD yang aman seperti tempat umum atau cafe, usahakan jangan melakukan transaksi di pinggir jalan, apalagi di tempat yang gelap.

Memberikan Jaminan


Jika Anda yakin barang yang Anda jual 100 persen sehat, maka jangan takut untuk memberikan jaminan. Misalnya 3x24 jam untuk garansi atau konsultasi mesin. Tentunya calon pembeli akan merasa lebih aman dan nyaman sehingga handphone yang dijual memiliki harga tinggi. Dan yang terpenting, Anda harus ramah terhadap calon pembeli ya.

Demikian ulasan artikel tentang Bagaimana Tips Menjual HP Bekas Dengan Harga Mahal? Berikut Penjelasan Lengkapnya. Semoga bermanfaat.