Daftar Menu Makanan Khas Banten Yang Bikin Semua Orang Ingin Mencobanya

Daftar Menu Makanan Khas Banten Yang Bikin Semua Orang Ingin Mencobanya
Pedagang Ketan Bintul | Foto : KabarAsik 

KabarAsik - Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Mulai dari makanan berat hingga jajanan semuanya memiliki cita rasa yang nikmat dan menggugah selera. Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa Makanan Khas Banten yang wajib Anda coba. 

Makanan-makanan tersebut mempunyai sejarah dan cita rasa yang unik sehingga sangat cocok untuk Anda nikmati jika berkunjung ke sana. Apa yang membuatmu penasaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Daftar Menu Makanan Khas Banten


Sate Bandeng


Makanan khas Banten ini merupakan kuliner paling populer. Sate ini terbuat dari olahan bandeng yang memiliki tekstur halus dan menggunakan campuran berbagai bumbu. Memiliki rasa yang gurih dan nikmat, serta tekstur yang lembut membuat sate ini menjadi incaran wisatawan. Sate bandeng dimasak dengan cara dipanggang dan dapat disajikan dengan sambal dan lalapan.

Ketan Bintul


Ketan Bintul merupakan jajanan tradisional Banten yang terbuat dari ketan putih dan ditaburi serundeng. Beras ketan putih yang dicampur santan dikukus terlebih dahulu hingga matang. Lalu, untuk taburan serundeng terbuat dari kelapa yang dipanggang dengan bumbu.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal menciptakan kombinasi yang unik. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Anda bisa membeli ketan Bintul di pasar tradisional.

Rabeg


Rabeg merupakan makanan tradisional Banten yang cukup populer. Sekilas makanan ini mirip dengan semur atau tengkleng. Rabeg terbuat dari olahan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan bumbu dan diberi sedikit kuah. Memiliki rasa yang gurih dan pedas menjadikan makanan ini digemari masyarakat. Anda bisa mencoba makanan ini di restoran atau warung makan pinggir jalan.

Sambal Buroq


Makanan ini terkenal dengan rasa pedasnya yaitu sambal buroq. Sambal yang satu ini cukup unik karena terbuat dari campuran kulit melinjo, ikan teri, dan cabai merah. Sambal buroq bisa Anda nikmati dengan ikan bakar, ayam goreng atau lauk lainnya. Sambal ini tersedia di beberapa restoran sebagai menu pelengkap.

Kue Pasung


Kue Pasung merupakan jajanan khas Banten yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan. Memiliki bentuk yang unik, jajanan ini dicetak menggunakan daun pisang dengan bentuk menyerupai corong. Kue ini memiliki rasa yang manis karena terbuat dari gula merah.

Biasanya jajanan khas Banten ini disajikan pada saat acara-acara tertentu. Contohnya seperti pernikahan, khitanan, dan perayaan keagamaan lainnya. Namun Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau penjual kue tradisional.

Gerem Asem


Gerem asem sudah ada sejak zaman Kerajaan Banten dahulu. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau bebek yang dimasak dengan kuah bumbu kuning. Makanan ini memiliki cita rasa gurih, pedas, dan asam yang menyegarkan. Gerem asem biasanya disajikan dengan menggunakan irisan tomat, bawang merah, dan daun kemangi. Makanan ini cocok Anda nikmati sebagai hidangan utama dan pendamping nasi putih.

Sate Bebek


Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau kambing, sate khas Banten ini berbahan dasar daging bebek. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate ini menjadi incaran banyak wisatawan.

Meski daging bebek terkenal alot, nyatanya sate bebek ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Bumbu sate ini juga menggunakan campuran bumbu khusus agar rasanya semakin nikmat.

Sayur Besan


Sayur besan dibuat dari campuran bahan-bahan seperti terubuk (bunga tebu), petai, kentang, dan bihun. Sedangkan bahan tambahan yang biasa terdapat pada sayur besan adalah kacang hijau, wortel, labu siam, ebi, dan udang kering.

Rasanya yang khas dengan kuah kuning berbahan kunyit membuat rasanya semakin nikmat. Makanan ini cocok Anda nikmati sebagai pendamping nasi. Biasanya sayur besan bisa Anda temukan di kawasan Kota Tangerang.

Pecak Bandeng


Pecak Bandeng merupakan makanan khas Banten yang berbahan dasar ikan bandeng. Hidangan ini disajikan dengan menggunakan bumbu halibut yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam dan gula. Makanan ini memiliki cita rasa gurih, pedas, dan asam yang menyegarkan. Pecak bandeng biasanya menjadi hidangan utama dicampur dengan nasi.

Kue Cucur


Kue cucur merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan air. Kue ini mempunyai bentuk yang unik yaitu pipih dan lebar. Penyajian kue cucur biasanya disertai tambahan taburan gula pasir atau gula merah. Anda juga bisa menikmati kue ini dengan kuah gula merah atau kuah santan. Kue cucur cocok dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup saat bersantai dan bisa Anda sajikan pada acara kumpul-kumpul.

Kue Jojorong


Kue Jojorang merupakan salah satu kue tradisional Banten khususnya dari daerah Pandeglang. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Adonan kue ini menggunakan daun pisang sebagai kemasan berbentuk mangkok dan diberi tambahan gula jawa sebagai pelengkapnya. Rasa manis gurih serta tekstur lengket menjadi ciri khas kue ini. Kue Jojorang bisa Anda beli di pasar tradisional yang menjual berbagai macam kue.

Opak


Selain hidangan utama dan jajanan tradisional, Banten juga memiliki jajanan kerupuk yang menjadi favorit banyak orang, yaitu kerupuk opak. Terbuat dari tepung beras atau singkong yang digiling menjadi adonan halus dan dibentuk menjadi lembaran tipis kemudian dijemur dan dipanggang hingga menghasilkan tekstur yang renyah. Opak cocok untuk Anda jadikan camilan sambil minum teh atau kopi.

Nah itulah rekomendasi makanan tradisional Banten yang bisa kamu coba jika berkunjung ke sana. Mulai dari hidangan utama hingga jajanan tradisional yang memiliki sejarah dan ciri khasnya masing-masing.