Makanan Khas Sumatera Utara Yang Terkenal Dan Populer Hingga Saat Ini

Makanan Khas Sumatera Utara Yang Terkenal Dan Populer Hingga Saat Ini
Babi panggang Karo | Foto : KabarAsik

KabarAsik - Sumatera Utara merupakan provinsi yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Makanan khas Sumatera Utara terkenal dengan citarasanya yang kuat dan bumbu yang beragam.

Jadi, jika Anda sedang berada di Sumatera Utara, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khasnya yang menggugah selera. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa Makanan Khas Sumatera Utara yang wajib Anda coba.

Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Utara


Saksang


Saksang merupakan makanan khas Sumatera Utara yang diolah menggunakan daging babi dan kambing. Dimasak dengan menggunakan berbagai bumbu khas seperti andaliman, daun jeruk, serai dan lain sebagainya. Banyak anak muda yang mencicipi makanan ini karena rasanya yang sangat pedas dan gurih sehingga cocok untuk dimakan siang hari. Hidangan pelengkap makanan ini biasanya nasi putih dan acar bawang merah. 

Selain itu, sebagian orang juga menggunakan jeruk nipis sebagai pelengkapnya. Makanan saksang ini disukai oleh wisawatan luar karena memiliki rasa yang khas pada bumbu masakannya. Sebenarnya saksang ini bukan hanya dikaitkan dengan makanan, namun saksang juga memiliki arti kebersamaan dan kekompakan dalam masyarakat Batak. Hidangan ini sering dihidangkan pada acara-acara besar seperti pernikahan atau upacara adat.

Saksang kini sudah disajikan dalam versi yang cukup berbeda karena mengikuti zaman saat ini. Bumbu dan daging yang digunakan sangat praktis ketika dimasak menjadi sebuah hidangan saksang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan mencicipi saksang asli Sumatera Utara saat berkunjung ke Sumatera Utara.

Babi Panggang Karo


Daging babi yang diolah ini menggunakan cara yang sangat mudah yaitu dengan cara dipanggang. Proses pemanggangan ini membuat daging empuk dan aromanya sangat menggugah selera. Rasanya yang lezat dan aromanya yang menggugah selera membuat makanan ini menjadi favorit banyak orang.

Pada umumnya, makanan ini disajikan dengan nasi merah, sayur daun singkong, dan sambal hijau. Hidangan ini bukan sekadar makanan, tapi juga bagian dari tradisi masyarakat Karo. Dahulu, masakan ini sering dihidangkan pada upacara adat dan perayaan penting.

Mie Gomak


Mie gomak ini merupakan salah satu makanan khas Sumatera Utara yang masih populer hingga saat ini. Makanan berbahan dasar mie ini dimasak dengan menggunakan bumbu gurih dan bumbu khusus seperti kemiri, ketumbar, dan lengkuas. Setelah matang, mie gomak biasanya ditambah bahan pelengkap lainnya seperti daging sapi rebus, irisan bawang merah, dan daun bawang.

Rasa mie dan bumbu yang gurih ini membuat mie gomak menjadi makanan yang sangat populer hingga saat ini. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi mie gomak saat berkunjung ke Sumatera Utara.

Bihun Bebek Medan


Bihun bebek Medan merupakan makanan khas Sumatera Utara yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan nikmat. Makanan ini terdiri dari bihun yang disajikan dengan daging bebek empuk, tauge, serta irisan daun bawang dan bawang merah goreng sebagai hiasan.

Kuahnya yang nikmat terbuat dari kaldu bebek yang kaya akan rempah-rempah, seperti kayu manis, merica, dan kapulaga. Rasanya yang gurih dan aromanya yang menggugah selera membuat bihun bebek Medan menjadi favorit banyak orang.

Mie Balap Porsea


Mie balap porsea merupakan makanan berbahan dasar mie kuning yang disajikan dengan kuah kacang kental, irisan daging sapi rebus, tauge, dan irisan telur. Mie balap Porsea biasanya disajikan dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan jeruk nipis. Rasa gurih dari bumbu kacang dan kenyalnya mie membuat mie balap porsea menjadi santapan yang sangat nikmat.

Durian Medan


Sumatera Utara juga terkenal dengan durian Medannya yang memiliki cita rasa unik dan lezat. Durian Medan memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis sehingga cocok untuk Anda cicipi ketika berkunjung kesini. Buah durian ini biasanya disajikan dalam keadaan segar atau bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan seperti es durian, pancake durian, atau dodol durian.

Bika Ambon


Bika Ambon merupakan makanan khas Sumatera Utara yang sangat terkenal di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal dan berpori seperti bolu. Rasa manisnya yang nikmat membuat bika ambon menjadi makanan penutup yang digemari dan disukai banyak orang.

Bika Ambon biasanya memiliki aroma pandan yang khas, namun tersedia juga dalam berbagai rasa seperti coklat, keju, durian, dan lain sebagainya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan mencicipi Bika Ambon saat Anda berada di Sumatera Utara.

Martabak Mesir


Martabak Mesir merupakan makanan khas Medan yang terkenal dengan kulitnya yang tipis, renyah, serta berisi daging dan telur. Martabak ini diolah dengan bahan pelengkap lainnya seperti saus kacang dan bawang merah goreng. Rasa martabak ini sangat gurih dan renyah sehingga banyak orang yang menyukainya sebagai hidangan makan malam.

Naniura


Naniura adalah sushi versi Sumatera Utara. Ikan mas mentah direndam dalam campuran air jeruk nipis, jahe dan bumbu lainnya. Naniura ini diolah dengan rasa yang khas yaitu asam dan pedas. Dahulu, naniura merupakan salah satu masakan favorit para raja Batak lho!

Ayam Namargota


Ayam Namargota merupakan masakan ayam dengan kuah santan yang kental. Dibumbui dengan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan serai, sajian ini menawarkan kelezatan yang tak terlupakan.

Roti Jala


Roti jala, dengan bentuknya yang seperti jaring, merupakan makanan penutup yang populer. Biasanya disajikan dengan saus kari atau sebagai pelengkap hidangan lainnya. Roti jala menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati makanan ringan namun lezat. Rasakan keunikan rasa dan kelezatan makanan yang sangat menggugah selera ini.

Demikian ulasan tentang Makanan Khas Sumatera Utara Yang Terkenal Dan Populer Hingga Saat Ini seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.